get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Disokong Sektor Pertambangan, Ekonomi Kaltim Triwulan I 2023 Tumbuh 6,95 Persen

Minggu, 07 Mei 2023 | 07:50 WIB
header img
Pertumbuhan ekonomi Kaltim Triwulan I 2023 mencapai 6,95 persen karena didukung sektor pertambangan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Pertumbuhan ekonomi Kaltim pada Triwulan I 2023 menunjukkan tren positif. Tercatat, ekonomi Kaltim tumbuh 6,95 persen (yoy) atau lebih tinggi dibanding capaian triwulan IV 2022 sebesar 6,47 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltim Ricky P Gozali mengatakan, pertumbuhan ini mencerminkan kondisi perekonomian masih berjalan dalam tren pemulihan setelah melawati fase pandemi Covid-19. 

"Pertumbuhan ekonomi Kaltim untuk Triwulan I 2023 di atas rata-raya nasional yang tercatat tumbuh sebesar 5,03 persen (yoy). Capaian ini juga merupakan pertumbuhan PDRB yang tertinggi di wilayah Kalimantan," jelas Ricky dalam keterangan tertulisnya dikutip Minggu (7/5/2023).

Berdasarkan lapangan usaha (LU), capaian peningkatan ekonomi Kaltim triwulan I 2023 bersumber dari hampir seluruh sektor utama. Paling dominan adalah sektor pertambangan yang memiliki pangsa sebesar 49,48 persen dari total PDRB Kaltim tumbuh 4,92 persen (yoy).

Pertumbuhan ini seiring dengan produksi yang terus meningkat di tengah tren harga batu bara yang masih relatif tinggi. Kemudian pada sektor  industri pengolahan, pertumbuhan PDRB yang sebesar 7,04 persen (yoy) meningkat dari triwulan sebelumnya.

Hal tersebut ditopang industri CPO yang meningkat, seiring dengan panen tandan buah segar kelapa sawit pada triwulan I 2023. 

"Sektor konstruksi juga turut tumbuh sebesar 17,36 persen  (yoy) seiring dengan masifnya pembangunan proyek strategis nasional di wilayah Kaltim," katanya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut