get app
inews
Aa Read Next : Tak Ada Ampun, Vietnam Hukum Mati Taipan Cantik Koruptor Rp660 Triliun

Beri Efek Jera, KPK Usul Napi Koruptor Dikirim ke Lapas Nusakambangan

Rabu, 10 Mei 2023 | 08:06 WIB
header img
KPK mengusulkan napi korupsi dikirim ke Lapas Nusakambangan. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusulkan koruptor dikirim ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Alasannya, lapas di tengah laut itu dinilai menakutkan.

Selama ini, narapidana korupsi umumnya menjalani penahanan di Lapas Sukamiskin Bandung maupun lapas lainnya di Indonesia. Kenyamanan ini dinilai tidak memberikan efek jera sehingga diusulkan dipindahkan ke Nusakambangan. 

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron mengatakan, jika wacana pemindahan napi ke Lapas Nusakambangan disetujui, hal tersebut diharapkan bisa memberikan efek jera pada pelaku maupun masyarakat umum.

"Ini masih wacana.  Penjara di Nusakambangan itu lebih menakutkan bagi korupsi dan diharapkan bisa menimbulkan efek jera. Itu di hasil kajian dari KPK," katanya dilansir dari iNews.id, Rabu (10/5/2023).

Menurut Nurul Ghufron, KPK telah melakukan kajian di seluruh Lapas di Indonesia. Hasilnya, lapas khusus seperti Nusakambangan akan memberikan efek jera kepada koruptor. Hal ini dikarenakan lapas tersebut sangat ditakuti karena berisi napi kejahatan berat.

"Kajian KPK kalau koruptor di penjara di tempat lain, dianggapnya biasa, sehingga perlu dikuatkan untuk lebih menakutkan dan menimbulkan efek jera," ujarnya. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut