get app
inews
Aa Read Next : Koalisi Perubahan Retak, Nasdem Persilakan Partai Demokrat Angkat Kaki

Cabut Dukungan ke Anies Baswedan, Partai Demokrat Netral Lagi di Pilpres 2024?

Jum'at, 01 September 2023 | 19:52 WIB
header img
Ketua Majelis Tingga Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto : Riant Subekti)

BOGOR, iNewsKutai.id - Partai Demokrat resmi mencabut dukungan terhadap Anies Baswedan dan keluar dari Koalisi Perubahan pada pemilihan presiden (pilpres) 2024. Keputusan ini membuat partai berlambang bintang mercy itu berpeluang kembali netral di Pilpres 2024. 

Keputusan Partai Demokrat mencabut dukungan kepada Anies Baswedan diumumkan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng dalam konferensi pers di Cikeas Bogor.

Pencabutan dukungan itu disepakati dalam rapat Majelis Tinggi Partai Demokrat yang digelar di kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023).

"Partai Demokrat mencabut dukungan kepada Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Demokrat juga tidak lagi bersama Koalisi Perubahan karena ada pengingkaran terhadap kesepakatan,” kata Andi Mallarangeng dalam konferensi pers di Cikeas, Jumat (1/9/2023). 

Keputusan ini membuat arah dukungan Partai Demokrat pada Pilpres 2024 menjadi tanda tanya. Saat ini, pilihan Demokrat hanya bergabung dengan koalisi PDIP bersama PPP dan Perindo yang mendukung Ganjar Pranowo.

Pilihan lainnya bergabung dengan koalisi Gerindra, Golkar dan PAN. Namun, berkaca pada pilpres 2014, Partai Demokrat bisa saja kembali bersikap netral dengan tidak mendukung salah satu bakal calon presiden.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut