get app
inews
Aa Read Next : Jual Konten Dewasa di Media Sosial, Gadis Asal Balikpapan Terancam 12 Tahun Penjara

Tak Cuma TikTok, Seluruh Platform Media Sosial Dilarang Jualan Online

Rabu, 27 September 2023 | 06:39 WIB
header img
Larangan jualan online tidak hanya berlaku bagi TikTok namun juga seluruh media sosial. (foto: ilustrasi/ist)

SEMARANG, iNewsKutai.id - Larangan jualan online ternyata tidak hanya diberlakukan pada TikTok. Seluruh aplikasi media sosial (medsos) yang ada dilarang membuka online shop di platform masing-masing.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Selasa (26/9/2023). Dia menyatakan, seluruh platform media sosial dilarang menjadi tempat transaksi jual beli. 

Zulkifli menegaskan, platform yang membuka online shop wajib mengantongi izin usaha sendiri terlebih dahulu untuk dapat melakukan transaksi. Pihaknya sudah merevisi Permendag nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

“Tinggal diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM, sudah saya teken (Permendag Nomor 50) kemarin sore,” ujar Zulhas saat mengunjungi Pasar Johar di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/9/2023).

Zulhas menjelaskan, regulasi itu tidak hanya mengatur larangan TikTok Shop namun juga mewajibkan media sosial memiliki platform sendiri untuk berjualan. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut