get app
inews
Aa Read Next : Sempat Membantah, KPU Akhirnya Akui Sirekap Pakai Server Alibaba

Megawati Sebut Pemilu Jadi Alat Langgengkan Kekuasaan, Sindir Jokowi?

Rabu, 10 Januari 2024 | 14:25 WIB
header img
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyindir jika pemilu menjadi ajang melanggengkan kekuasaan. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri melontarkan sindiran keras pada acara HUT ke-51 DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024). 

Megawati menegaskan jika pemilihan umum (pemilu) bukan alat elite politik untuk melanggengkan kekuasaan. Alasannya, dalam pemilu ada nilai moral dan etika yang harus dijunjung. 

"Pemilu bukan alat elite politik untuk langgengkan kekuasaan. Ada moral dan etika yang harus dijunjung tinggi," kata Megawati. 

Dia pun menyinggung saat dirinya menjabat sebagai Presiden RI. Dia mengaku, setelah turun dari jabatannya, Megawati tak pernah ribut terhadap pemimpin negeri selanjutnya. Apalagi berniat melanggengkan kekuasaan.

"Ya sudah kalau memang betul itu rakyat memilih, ya sudah. Kekuasaan akan berhenti apapun jabatannya. Kan sedih ya," kata Megawati. 

Dia pun menyimpulan jika akhir-akhir ini, ada tren jika subtansi pemilu sebagai bagian dari demokrasi lima tahun justru menjadi alat melanggengkan kekuasaan.

"Nah pencermatan saya akhir-akhir ini sepertinya arah pemilu sudah bergeser," katanya.

Sindiran ini diduga ditujukan kepada Presiden Joko Widodo. Sebelumnya, beredar isu jika Jokowi ingin menambah satu periode kepemimpinan namun ditolak oleh PDIP.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut