get app
inews
Aa Read Next : Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Diduga Sembunyikan Uang Korupsi di Luar Negeri

78 Pegawai KPK Pelaku Pungli di Rutan hanya Disanksi Minta Maaf ke Publik

Kamis, 15 Februari 2024 | 19:52 WIB
header img
78 pegawai KPK yang terlibat pungli di Rutan KPK hanya disanksi minta maaf ke publik. (Foto: Inews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Sidang etik pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terlibat pungutan liar di Rumah Tahanan (Rutan) KPK antiklimaks. 78 pegawai hanya disanksi minta maaf ke publik.

Sanksi itu diberikan Dewan Pengawas (Dewas) KPK setelah menggelar sidang etik terhadap 90 pegawai KPK yang diduga melanggar kode etik terkait pungli rutan. Sanksi berupa permintaan maaf secara langsung dan terbuka dijatuhkan kepada pegawai yang terbukti bersalah. 

Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean beralasan, pihaknya tidak bisa memberikan sanksi berat karena pegawai KPK beralih status menjadi aparatur sipil negara (ASN) sejak 1 Juni 2021.

Karena itu, sanksi etik yang bisa diberikan hanya sebatas moral. 

"Sejak pegawai KPK berubah menjadi ASN, maka sanksi etik untuk pegawai hanya berupa sanksi moral, dalam hal ini permintaan maaf," jelas Tumpak dalam konferensi pers usai sidang putusan 90 pegawai KPK terkait pungli rutan, Kamis (15/2/2024). 

Dia menuturkan, ada tiga kategori sanksi yang diberikan, yaitu berat, sedang, dan ringan. Ketiganya memiliki perbedaan dalam cara melakukan permintaan maaf. 

"Ada permintaan maaf secara tertutup, ada secara terbuka tapi tidak langsung, yang berat permintaan maaf secara langsung," ujarnya. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut