get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Stok Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Tak Panic Buying

Minggu, 24 Maret 2024 | 06:02 WIB
header img
Pemprov Kaltim menjamin ketersediaan bahan pokok jelang Lebaran. (foto: illustrasi/ist)

SAMARINDA, iNewsKutai.id – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Kaltim meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan ketersediaan bahan pokok menjelang hari raya Idul Fitri. 

Pemprov Kaltim menjamin pasokan bahan pokok selama Ramadhan hingga Lebaran mencukupi. Masyarakat diimbau untuk tetap berbelanja normal agar tidak terjadi gejolak di pasar.

Kepala DP2KUKM Heni Purwaningsih menyatakan, pihaknya terus memastikan, agar stok kebutuhan pokok masyarakat tersedia dalam jumlah yang cukup, mutu baik, serta harga yang tetap terjangkau.

Dia pun mengimbau masyarakat agar tak melakukan panic buying atau membeli secara berlebihan dan  menumpuknya di rumah. Hal tersebut yang justru akan mengancam ketersediaan komoditi bahan pokok di pasaran.

"Stok bahan pokok cukup sampai setelah Lebaran. Masyarakat tidak perlu panic buying. Kita pastikan aman," kata saat memberikan keterangan pers, Jumat (22/3/2024) lalu.

Heni menjelaskan, kenaikan permintaan kebutuhan bahan pokok memang selalu mengalami kenaikan pada momentum hari raya termasuk selama bulan Ramadhan. 

Meski banyak yang menjalankan ibadah puasa, faktanya konsumsi bahan pokok justru meningkat selama bulan Ramadhan.

“Konsusmsi makan memang berkurang, tapi riilnya justru permintaan kebutuhan pokok bertambah. Karena harus bikin takjil dan sebagainya,” ucapnya.

Untuk itu, Kaltim sebagai daerah yang masih mengandalkan pasokan bahan pokok dari provinsi lain terus berusaha menjaga alur distribusi agar harga tetap stabil. Pemprov Kaltim juga terus menjalin kerja sama dengan daerah pemasok untuk memastikan ketersediaan komoditi.

“Kami sudah menyediakan banyak alternatif pemasok. Bahkan kami sudah menjalin kerja sama perdagangan dengan 10 provinsi. Jadi bahan pokok seperti beras, gula, dan minyak goreng itu aman dan tersedia dengan beragam merek,” ungkap Heni.

Pemprov Kaltim juga telah melaunching Toko Penyeimbang atau Kios  SIGAP yang menyediakan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Kios ini bisa diakses langsung oleh masyarakat.

Berdasarkan data Pasokan Indikatif yang dihimpun DP2KUKM Kaltim per Maret 2024, rata-rata ketahanan barang kebutuhan pokok di 10 kabupaten/kota dalam kondisi aman. Mulai dari beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, telur, daging sapi, ayam, bawang merah, bawang putih, hingga cabai.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut