get app
inews
Aa Read Next : Tampung Aspirasi Driver, Akmal Malik Janji Buat Perda Tarif Ojek Online

Langgar Aturan Tarif, Tiga Aplikator Ojek Online Kena Sanksi Teguran

Kamis, 28 Maret 2024 | 10:44 WIB
header img
Tiga aplikator penyedia jasa ojek online mendapat teguran dari Pemprov Kaltim lantaran melanggar tarif yang disepakati.(Foto: ilustrasi/dok inews)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Tiga aplikator penyedia jasa ojek online mendapat teguran dari Pemprov Kaltim lantaran melanggar tarif Angkutan Sewa Khusus (ASK) yang disepakati.

Tiga aplikator tersebut yakni Gojek, Grab, dan Maxim. Ketiganya ditengarai melanggar Keputusan Gubernur Nomor  100.3.3.1/K.673/2023 yang mengatur batasan tarif yang telah disepakati oleh seluruh pihak dalam hal ini yaitu aplikator dan para pengemudi.

Pelanggaran itu ditemukan setelah dilakukan uji petik dan kajian di lapangan terkait penerapan SK gubernur tersebut. Selain itu, pelanggaran juga menjadi laporan pengemudi yang tergabung dalam Aliansi Mitra Kaltim Bersatu (MKB).

"Tiga aplikator belum melaksanakan ketentuan tarif sebagaimana yang ditetapkan. Karena itu kita layangkan sanksi berupa teguran tertulis dan hadirkan perangkat daerah terkait untuk memberikan masukan sesuai sektornya masing-masing," ungkap Kabag Pemerintahan Biro Pemprov Kaltim Imanudin.

Sekadar diketahui, dalam SK gubernur telah diatur bahwa tarif ASK di Kaltim untuk batas bawah yakni Rp5.000 per kilometer, tarif batas atas Rp7.600 per kilometer dan tarif minimal Rp18.800.

Adapun tarif minimal yang dimaksud ialah tarif yang harus dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh pertama 4 (empat) kilometer dan untuk tarif selanjutnya menyesuaikan dengan batas bawah dan batas atas.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut