get app
inews
Aa Read Next : Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah: Pencairan Jaminan Hari Tua Maksimal 5 Hari

Presiden Perintahkan Menteri Ketenagakerjaan Permudah Pencairan JHT

Selasa, 22 Februari 2022 | 00:18 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi).(Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai - Pemerintah tampaknya mulai melunak menyusul kencangnya arus penolakan terkait aturan usia pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) 56 tahun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Kementerian Ketenagakerjaan mempermudah pencairan JHT.

"Bapak Presiden terus mengikuti aspirasi para pekerja dan beliau memahami keberatan dari para pekerja terhadap Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 22 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran JHT," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Jakarta, Senin (21/2/2022). 

Sekadar diketahui, aturan JHT baru bisa dicairkan pada usia 56 tahun termaktub dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 2 Tahun 2022. Pratikno mengungkapkan, perintah disampaikan agar para pekerja khususnya yang terkena PHK agar bisa mengambil JHT yang merupakan haknya secara lebih mudah. 

"Tadi pagi Bapak Presiden sudah memanggil Bapak Menko Perekonomian (Airlangga Hartarto) dan Ibu Menteri Tenaga Kerja (Ida Fauziyah). Dan Bapak Presiden sudah memerintahkan agar tata cara dan persyaratan pembayaran JHT disederhanakan dan dipermudah, agar JHT bisa diambil individu pekerja yang sedang mengalami masa-masa sulit sekarang ini terutama yang sedang mengalami PHK," tutur Pratikno.

Dia menjelaskan kebijakan mempermudah pencarian dana JHT pekerja akan dirumuskan lebih lanjut. Presiden Jokowi disebut Pratikno mengajak semua lapisan pekerja mendukung kebijakan pemerintah demi ekonomi yang lebih baik dan penciptaan lapangan kerja. 

"Bagaimana nanti pengaturannya akan diatur lebih lanjut dalam revisi Peraturan Menteri Tenaga Kerja atau regulasi lainnya. Tapi di sisi lain, bapak Presiden mengajak para pekerja untuk mendukung situasi kondusif dalam rangka meningkatkan daya saing kita meningkatkan investasi, ini penting sekali, dalam rangka membuka lapangan kerja yang berkualitas," ujar Pratikno.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut