get app
inews
Aa Read Next : Bos Pupuk Kandang di Loa Kulu Lecehkan Anak ART, Digerayangi di Kamar dan di Mobil

Kereta Tanpa Awak Sudah Dikirim dari China, Diprekdisi akan Tiba IKN pada Akhir Juli Ini

Minggu, 14 Juli 2024 | 09:18 WIB
header img
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa rangkaian kereta tanpa awak atau ART di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dikirim dari China. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsKutai.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa rangkaian kereta tanpa awak atau Autonomous Rail Transit (ART) untuk beroperasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dikirim dari China. Lalu, kapan kereta tersebut akan tiba di Indonesia?

Menurut Budi, kereta tersebut direncanakan tiba di IKN pada akhir Juli, dengan satu trainset terdiri dari tiga kereta. Dengan demikian, kereta diharapkan dapat mulai beroperasi pada Agustus 2024.

“Rangkaian Trem Otonom telah dikirim dari China pada awal Juli 2024. Berdasarkan perhitungan, kapal ekspedisi yang membawa Trem Otonom tersebut diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Balikpapan dan direncanakan sampai di IKN pada akhir Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai. Jadi, Trem Otonom diharapkan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024,” kata Budi seperti dikutip iNews.id, Minggu (14/7/2024).

Budi menjelaskan bahwa setelah tiba di IKN, komponen kereta tanpa awak tersebut akan dirakit dan diuji coba secara internal. Selanjutnya, akan dilakukan persiapan dan pengujian bersama, serta pelaksanaan Proof of Concept (POC) pada Agustus 2024.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut