get app
inews
Aa
Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Jadi Buruan Kadyrovtsy, Unit Pembunuh Elite Chechnya 

Rabu, 02 Maret 2022 | 14:47 WIB
header img
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (Foto: Reuters)

KIEV, iNewsKutai - Unit pembunuh elite Chechnya, Kadyrovtsy menjadikan Presiden Volodymyr Zelensky sebagai target utama dalam misi ke Ukraina. Namun, upaya tersebut bocor dan berhasil digagalkan pasukan pengawal.

Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina, Oleksiy Danilov pada Rabu (2/3/2022) pagi mengatakan, upaya pembunuhan presiden itu direncanakan oleh unit elite Chechnya.  Namun pembunuhan tersebut berhasil digagalkan.

Pasukan pertahanan Ukraina telah bertempur melawan dua regu pembunuh yang dikirim untuk menghabisi Zelensky. Dilansir Kantor berita Interfax, upaya pembunuhan terhadap Presiden Zelensky direncanakan oleh anggota unit elit Kadyrovtsy (pengikut Kadyrov).  

“Operasi khusus yang akan dilakukan langsung oleh Kadyrovtsy untuk melenyapkan presiden kita sepenuhnya kita ketahui hari ini," katanya. 

Dia mengaku, menerima informasi dari perwakilan FSB (Layanan Keamanan Federal Rusia) yang tidak memiliki keinginan untuk ambil bagian dalam perang berdarah ini. 

"Berkat ini, kelompok elite Kadyrov yang datang ke sini untuk membunuh presiden kita, terbunuh," kata Danilov kepada Ukraina 24. 

Kadyrovtsy merupakan organisasi paramiliter di Chechnya yang berfungsi sebagai perlindungan bagi kepala Republik Chechnya,  Ramzan Kadyrov.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut