get app
inews
Aa
Read Next : Rayu Investor Masuk IKN Nusantara, Badan Otorita Siapkan Insentif Fiskal dan Non Fiskal

Investor IKN Nusantara Mundur, Luhut Jajaki China dan Negara Timur Tengah Biayai Ibu Kota Baru

Minggu, 20 Maret 2022 | 09:12 WIB
header img
Luhut Binsar Pandjaitan menyebut lima negara siap jadi investor IKN Nusantara. (foto: instagram)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Hengkangnya SoftBank sebagai investor Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara membuka pintu bagi pemilik modal lain untuk terlibat dalam megaproyek tersebut. Negara Timur Tengah dan China kini didekati pemerintah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim ada lima negara yang siap membiayai pembangunan ibu kota baru. Calon investor tersebut siap menggelontorkan dana untuk membiayai ibu kota di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara yang ditargetkan mulai beroperasi pada 2024 mendatang.

"Jadi, ada lima negara yang siap mendanai pembangunan IKN," ujar Luhut di Banyuwangi dikutip, Minggu (20/3/2022).  

Luhut menambahkan, soal investor ibu kota baru sudah tidak ada masalah, di mana saat ini pejabat terkait rencana investor dari Uni Emirat Arab (UEA) telah mengucurkan investasi 20 miliiar dolar AS untuk proyek IKN Nusantara. 

“Negosiasi terus dilakukan oleh Pemerintah RI. Negosiasi awal untuk lima negara itu dilakukan terlebih dahulu terhadap negara Arab Saudi, Abu Dhabi, dan China. Tak hanya itu, pemerintah juga masih optimis adanya pendanaan proyek IKN dibiayai oleh investor lokal,” kata dia.

Sebelumnya, Luhut menyatakan SoftBank yang berasal dari negara Jepang telah menyatakan mundur dari investasi IKN. Kini dewan pengarah diisi oleh Putra Mahkota UEA Mohamed bin Zayed (MBZ) dan mantan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007, Tony Blair.  

"Dari pengusaha lokal kita juga banyak yang mau. Sementara dari pemerintah Saudi nanti kita lihat lagi negosiasi, terus nanti mungkin dari konsorsium Abu Dhabi dengan Tiongkok. Nanti seterusnya kita lakukan negosiasi dengan negara lain," ucap Luhut.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut