Lukas Enembe Meninggal Dunia Akibat Komplikasi Penyakit, Sempat Minta Dibantu Berdiri sebelum Wafat

Riyan Rizky/Abriandi
Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia akibat komplikasi penyakit di RSPAD Jakarta. (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (26/12/2023). Dia wafat sesaat setelah berdiri dari tempat tidur.

Kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho menceritakan, sebelum meninggal, Lukas Enembe meminta dibantu untuk berdiri. Anggota keluarganya, Pianis Enembe kemudian berinisiatif membantunya berdiri. 

"Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas mengembuskan napas terakhirnya," ujar Antonius, Selasa (26/12/2023). 

Lukas Enembe kemudian dikonfirmasi tim medis meninggal pada pukul 11.00 WIB. Rencananya, jenazah Lukas Enembe dibawa ke Jayapura pada Rabu (27/12/2023) malam. 

"Menurut keterangan adik Bapak Lukas, Bapak Elius Enembe, mendiang (Lukas Enembe) akan dibawa ke Jayapura, pada Rabu malam,” kata dia.

Kuasa hukum Lukas Enembe lainnya, Petrus Bala Pattyona menambahkan, sebelum meninggal, kliennya rutin menjalani cuci darah di RSPAD Gatot Soebroto.

Lukas selama ini diketahui mengidap diabetes melitus komplikasi kerusakan ginjal. Selain, dia sudah empat kali mengalami serangan stroke dan pernah menjalani operasi jantung.

 "Sejak persidangan beliau dirawat di RSPAD dan rutin cuci darah," kata Petrus.

Sebelum meninggal, kondisi Lukas Enembe mengalami penurunan  hingga akhirnya dinyatakan meninggal pada pukul 11.00 WIB.
 

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network