Kisah Kundungga, Nenek Moyang Kesultanan Kutai Kartanegara yang Kental Budaya Hindu

Avirista Midaada/Abriandi
Kundungga, raja pertama Kerajaan Kutai yang terpengaruh budaya India. (foto: ilustrasi/kemendikbud)

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Kisah Kundungga, raja pertama Kerajaan Kutai, menarik diulas. Kundungga merupakan nenek moyang dari raja-raja Kesultanan Kutai yang pada perkembangannya menganut agama Islam.

Sesuai catatan sejarah, Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua yang ada di Indonesia. Wilayah kerajaan yang saat ini berada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur konon bernuansakan Hindu dan sangat kental dengan pengaruh budaya India. 

Sejumlah catatan sejarah menyebut jika salah satu anggota keluarga bernama Kundungga bahkan merupakan keturunan India. Namun, hal ini terbantahkan dengan bukti dan tafsiran sejarah di mana Kundungga tetap mempertahankan ciri-ciri orang pribumi Nusantara. 

Pengaruh India hanya menyentuh area budaya dan kepercayaan Kerajaan Kutai saat ini. Meski menjadi raja pertama, namun Kundungga konon bukan pendiri kerajaaan. 

Alasannya, pengertian keluarga raja pada waktu itu terbatas kepada keluarga kerajaan yang telah menyerap budaya India di dalam kehidupan sehari-harinya. 

Prasasti yang ada mengisahkan, penyerapan budaya itu mulai terlihat pada waktu Aswawarman, anak Kundungga, menjadi raja. Aswawarman menggunakan nama yang berbau India, sebagai nama pengenalnya.

Dalam buku "Sejarah Nasional Indonesia II : Zaman Kuno" yang dianggap sebagai pendiri keluarga raja adalah Aswawarman, dan bukan Kundungga.

Editor : Abriandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network