Jalan Tol IKN Nusantara Beroperasi Mulai 10 Agustus Besok, Pangkas Jarak ke Balikpapan

Iqbal Dwi Purnama
Jalan tol IKN Nusantara akan beroperasi mulai Sabtu (10/8/2024) besok. (foto: ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Jalan tol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan beroperasi mulai Sabtu (10/8/2024) besok. Jalan bebas hambatan ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh menuju Kota Balikpapan.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menjelaskan, 
operasional jalan tol ini untuk mendukung kelancaran pengiriman logistik dalam rangka persiapan penyelenggaraan HUT ke-79 RI di IKN.

Jalan tol ini juga akan menjadi akses utama tamu undangan termasuk kirab bendera nantinya juga akan melewati rute tersebut.

"Jalan tol IKN mulai besok sudah beroperasi (fungsional mulai 10 Agustus). Akan dipakai kirab bendera (duplikat bendera pusaka)," ungkap Danis di Bendungan Sepaku Semoi, Jumat (9/8/2024).

Dia menjelaskan, saat ini konstruksi jalan tol IKN sudah hampir rampung. Tiga ruas jalan yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km, sudah tersambung sehingga dapat digunakan fungsional selama 24 jam.

Namun, operasional secara fungsional jalan Tol IKN hanya akan berlangsung hingga 18 Augustus 2024 atau setelah rampungnya penyelenggaraan upacara kemerdekaan di IKN nantinya.

Jika jalan tol IKN ini beroperasi penuh, waktu tempuh Balikpapan menuju KIPP IKN yang semula melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku bisa dipangkas menjadi 45 menit dengan jarak 57 km.

Sebelumnya, waktu tempuh dari Balikpapan sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 95 km.

artikel ini telah tayang di inews.id

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network