Flora Endemik dari Seluruh Indonesia Akan HIjaukan IKN Nusantara

Abriandi
Flora endemik dari seluruh Indonesia akan ditanam di IKN Nusantara. (foto: dok inews)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Flora endemik dari 34 provinsi di Indonesia akan ditanam di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tanaman khas tiap daerah ini akan digunakan untuk penghijauan ibu kota baru.

Rencananya, penanaman tanaman endemik ini akan dilakukan dalam rangkaian peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2022 di Kota Balikpapan, Oktober mendatang.

“Setiap provinsi akan membawa flora endemik atau tanaman khas masing-masing untuk ditanam di kawasan IKN. Kita ingin menyatukan seluruh flora Indonesia di ibu kota baru," jelasnya dikutip Rabu (8/6/2022).

Sebelumnya, di Titik Nol IKN Nusantara telah disatukan air dan tanah dari 34 provinsi di Indonesia. Penyatuan dilakukan pada kemah Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri di ibu kota baru.

Selain menanam flora endimik dari 34 provinsi, lanjut Yudha, peringatan Bulan PRB 2022 juga ditandai dengan penanaman mangrove di Desa Tangguh Bencana, Kelurahan Manggar Balikpapan.

Selanjutnya field trip, orientasi lapangan bagi peserta peringatan Bulan PRB, dengan memfokuskan pada lokasi IKN jika dihadapkan dengan kemungkinan potensi bencana, sehingga setiap perwakilan dari masing-masing provinsi harus tahu dimana lokasi titik Nol IKN berada.

“Kita harapkan kegiatan field trip ke IKN, peserta dari bagian kebencanaan bisa memberikan masukan terkait faktor kebencanaan yang kemungkinan terjadi dan harus diwaspadai. Jadi peserta tidak sekadar berkunjung ke lokasi IKN, tetapi juga mengamati, menganalisa dan mengawasi dari segi kebencanaan,” paparnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network