get app
inews
Aa Read Next : Duh! Jumlah Penderita Diabetes di Indonesia Tertinggi ke-4 di Dunia

Deretan Olahraga Ringan Pengontrol Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Baca!

Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:09 WIB
header img
Yoga sangat disarankan untuk dilakukan oleh penderita diabetes tipe 2. (foto: dok inews)

5. Menari Aerobik 

Mengikuti kelas kebugaran seperti aerobic dance juga dapat menjadi pilihan olahraga bagi penderita diabetes. Misalnya saja Zumba, aktivitas kebugaran yang menggabungkan gerakan tari dan aerobik untuk olahraga cepat ini ternyata sangat efektif dalam mengurangi risiko diabetes. 

Sebuah studi mengemukakan bahwa wanita dengan diabetes tipe 2 lebih termotivasi untuk berolahraga setelah mengikuti kelas Zumba selama 16 minggu. Peserta juga meningkatkan kebugaran aerobik mereka dan menurunkan berat badan. 

6. Pilates 

Pilates merupakan program kebugaran yang populer dan dirancang untuk meningkatkan kekuatan inti, keseimbangan, dan koordinasi. Berdasarkan penelitian, wanita lansia dengan diabetes tipe 2 banyak yang berhasil meningkatkan kontrol gula darah dengan pilates.

7. Angkat Beban 

Angkat beban akan dapat membantu membangun penguatan massa otot dan meningkatkan jumlah kalori untuk dibakar setiap hari. Siapa sangka, olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah bagi penderita diabetes. 

8. Yoga 

Yoga sangat disarankan bagi penderita diabetes khususnya tipe 2. Sebab penderita diabetes tipe ini sangat identik dengan gaya hidup tidak sehat dan tingkat stres yang tinggi. 

Karena itu, Yoga dianjurkan dilakukan secara teratur karena dapat meningkatkan fungsi endokrin dan neurologis organ, sistem pencernaan, menjaga sirkulasi dan kekebalan tubuh. Yoga akan membuat tubuh menjadi jauh lebih berenergi. Penderita diabetes tipe 1 dan 2 biasanya disebabkan karena pankreas tidak dapat melakukan fungsinya secara maksimal untuk menghasilkan insulin. Maka, rutin melakukan Yoga diharapkan dapat memperbaiki kembali fungsi organ tersebut. 

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut