get app
inews
Aa Read Next : Duh! Jumlah Penderita Diabetes di Indonesia Tertinggi ke-4 di Dunia

Deretan Olahraga Ringan Pengontrol Gula Darah, Penderita Diabetes Wajib Baca!

Sabtu, 02 Juli 2022 | 09:09 WIB
header img
Yoga sangat disarankan untuk dilakukan oleh penderita diabetes tipe 2. (foto: dok inews)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Penderita diabetes disarankan untuk berolahraga setiap hari. Olahraga teratur meskipun dengan intensitas ringan dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan berat badan.

Olahraga membantu melancarkan peredaran darah sehingga meningkatkan kesehatan tubuh. Selain itu, aktif berolahraga secara rutin juga mencegah datangnya diabetes melitus.

American Diabetes Association (ADA) mendorong masyarakat untuk melakukan minimal 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang per minggu. Hal itu semata-mata untuk mengurangi tingginya angka obesitas dan gejala diabetes. 

Dilansir dari Health Line, Sabtu (2/7/2022), berikut olahraga yang cocok untuk penderita diabetes? Berikut ini adalah daftar yang disarankan: 

1. Berjalan 

Ini adalah olahraga yang paling mudah dan murah untuk dilakukan. Berjalan bisa dilakukan di sekitar rumah. Bagi penderita diabetes tipe 2, disarankan untuk melakukan jalan cepat minimal 30 menit per hari. Jika dilakukan 5 kali saja dalam seminggu, maka dampak nyata akan perlahan akan terasa. 

Hiking akan membantu penderita diabetes tipe 2 menurunkan tekanan darah, kadar HbA1c, dan indeks massa tubuh mereka.

2. Bersepeda 

Bersepeda sangat baik untuk kesehatan sendiri. Sementara pada penderita diabetes tipe 2, radang sendi menjadi masalah. Kondisi tersebut memiliki faktor risiko yang sama, salah satunya adalah obesitas. 

Bersepeda bisa membantu untuk memenuhi tujuan kebugaran sekaligus meminimalkan ketegangan pada bagian persendian.

3. Berenang 

Bagi penderita diabetes tipe 1 atau 2, berenang adalah salah satu olahraga yang disarankan. Aktivitas ini mengharuskan semua anggota tubuh bekerja. Berenang dapat membakar 350-420 kalori per jam. 

Untuk penderita diabetes yang sering mengalami mati rasa pada kaki, olahraga ini tentu sangat cocok dilakukan. Olahraga ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang dimiliki penderita diabetes. 

4. Olahraga tim 

Jika sulit memotivasi diri untuk melakukan olahraga, mungkin alternatifnya bisa bergabung dengan sebuah tim olahraga tertentu yang disukai. Selain menyehatkan, olahraga tim akan memberikan kesempatan bersosialisasi dengan rekan satu tim dan komitmen untuk saling memotivasi satu sama lain. Olahraga tim ini sangat banyak jenisnya dan tergantung kesukaan masing-masing. Misalnya saja sepak bola, bola basket, tenis, softball, dan masih banyak lagi. 

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut