get app
inews
Aa Read Next : Seks Bebas hingga Hamil Diluar Nikah, Pasangan Kekasih Buang Bayi di Sungai

Waduh, Banyak Mahasiswa Bandung Terinfeksi HIV Akibat Seks Bebas

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 15:12 WIB
header img
Ratusan mahasiswa dan IRT di Bandung terinfeksi HIV akibat seks bebas. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandung mengungkap fakta mencengangkan terkait penularan Human Immunodeficiency Virus atau HIV. Mayoritas penderita adalah mahasiswa dan ibu rumah tangga.

Ketua Sekretariat KPA Kota Bandung Sis Silvia Dewi memaparkan, terdapat 5.943 warga yang terinfeksi HIV sejak 1991 hingga 2021. Namun, jumlah tersebut diperkirakan jauh lebih tinggi mengingat tinggi banyak yang enggan memeriksakan diri.

Yang mencengangkan, rata-rata masyarakat yang tertular adalah IRT dan mahasiswa dengan rentang usia 20 hingga 29 tahun atau usia produktif. Kemudian 30 sampai 39 tahun, jumlah ini sekitar 34 persen dari total kasus yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dia menjelaskan, untuk penularannya sendiri ada tiga. Pertama dari air susu ibu (ASI), penggunaan jarum suntik atau narkoba, kemudian hubungan seksual. Di mana salah satu di antaranya ada yang mengidap HIV.

"Jadi kalau secara penularan paling tinggi di Kota Bandung, karena faktor seksual. Artinya kan ada hubungan perempuan dengan laki-laki yang tidak aman," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Jumat (26/08/2022).

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut