get app
inews
Aa Read Next : Diklaim Tank Terbaik di Dunia, Tentara Rusia Bikin Tank Abrams AS Jadi Rongsokan di Ukraina

Target Pangkalan Radar Rusia, Rudal Bantuan Amerika Serikat Malah Hancurkan Apartemen di Ukraina

Kamis, 24 November 2022 | 20:43 WIB
header img
Rudal AGM-88B bantuan AS salah sasaran dan menghancurkan apartemen di Ukraina. (foto: defense studies)

KIEV, iNewsKutai.id - Rudal anti-radar bantuan Amerika Serikat salah sasaran. Rudal Anti-Radiasi Berkecepatan Tinggi (HARM) AGM-88B yang seharusnya menargetkan pangkalan radar Rusia, justru menghantam komplek perumahan di Kota Kramatorsk, Ukraina Timur.

Surat kabar AS, New York Times dalam laporannya Kamis (24/11/2022) menyebutkan, insiden salah sasaran itu terjadi pada 26 September 2022 lalu. Dilaporkan jika rudal tersebut ditembakkan dari sebuah jet tempur dan diduga tidak berfungsi hingga menghancurkan apartemen 5 lantai. Akibatnya,  3 orang dilaporkan terluka.

"Serangan Rudal AGM-88B terjadi di kota Kramatorsk yang dikuasai Ukraina pada 26 September menghancurkan sebuah gedung apartemen," tulis NYT mengutip Russia Today dalam laporannya.

Saat kejadian, apartemen tersebut dilaporkan sudah kosong karena ditinggalkan penghuninya mengungsi. Namun, tiga orang yang tinggal di flat terdekat akhirnya terluka.

NYT mengatakan jurnalis yang ditugaskan di lokasi menyaksikan pecahan rudal di tempat kejadian dan menemukan jika pecahan itu berisi nomor rakitan yang hanya digunakan dalam rudal AGM-88B. 

"Pecahan rudal yang diperiksa para jurnalis juga konsisten dengan rudal buatan AS yang lebih tua. Mungkin rudal itu gagal menemukan radar rusia dan kehabisan bahan bakar hingga jatuh," tulis NYT.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut