get app
inews
Aa Read Next : Tekan Inflasi Jelang Nataru, Pemprov Kaltim Gelar Operasi Pasar di 278 Titik     

Jelang Ramadan, Wagub Hadi Mulyadi Instruksikan Pemkab Gelar Pasar Murah Bahan Pokok

Selasa, 14 Maret 2023 | 06:01 WIB
header img
Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menginstruksikan seluruh kabupaten/kota menggelar pasar murah bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan. (Foto: ilustrasi/riant subekti)

SAMARINDA, iNewsKutai.id - Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menginstruksikan seluruh kabupaten/kota menggelar pasar murah bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan 1444 H dan hari raya Idul Fitri.

Pasar murah diharapkan bisa menjaga gejolak harga yang kerap terjadi menjelang puasa dan hari raya. Selain itu, pasar murah bahan pokok ini bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama di daerah pelosok dan pedalaman.

"Mudah-mudahan semua pemerintah kabupaten/kota bisa ikut menggelar pasar murah bahan pokok menjelang Ramadan, tidak hanya fokus di Samarinda dan Balikpapan saja," ujar Hadi Mulyadi saat membuka rapat High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kaltim, Senin (13/3/2023).

Menurutnya, pasar murah sejauh ini sangat efektif memastikan harga terkendali. Harga yang ditetapkan pemerintah akan menjadi indikator pedagang dalam menetapkan nilai jual di pasar.

"Pasar murah menjadi pembanding sehingga harga bisa dikendalikan. Semakin banyak barang yang beredar di masyarakat maka kebutuhan bahan pokok bisa dijangkau. Kami harapkan pasar murah bisa dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota," paparnya.

Mantan legislator Karang Paci dan Senayan itu menambahkan, penyelenggaraan pasar murah menjelang Ramadan dan Idul Fitri merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah membantu masyarakat mengantisipasi lonjakan harga bahan- bahan pokok yang bisa menyebabkan inflasi.

"Pasar murah menjadi salah satu langkah strategis menekan laju inflasi, dan menjaga stabilitas harga komoditas bahan pokok, serta membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah, guna mendapat bahan kebutuhan pokok dengan murah dan terjangkau," ujarnya.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut