get app
inews
Aa Read Next : Kepala Desa hingga Penjabat Gubernur Diduga Kuat Terlibat Kecurangan Pemilu 2024

Mengenaskan, Tiga Korban Perbudakan Manusia Tewas di Karangkeng Manusia Milik Bupati Langkat

Senin, 07 Februari 2022 | 19:34 WIB
header img
Korban perbudakan manusia yang di karangkeng di rumah milik Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin Angin. (foto: antara)

JAKARTA, iNewsKutai - Fakta mengenaskan terungkap dari hasil penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) terkait kerangkeng manusia di rumah Bupati nonaktif Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin. Tiga orang diketahui tewas dikurung di tempat tersebut.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengungkapkan, pihaknya menemukan ada lebih dari tiga penghuni kerangkeng manusia di rumah Terbit Rencana yang tewas. Namun, Komnas HAM masih mendalami jumlah pasti penghuni kerangkeng manusia milik Bupati nonaktif Langkat Terbit Rencana Perangin Angin yang tewas. 
Komnas HAM menduga masih banyak penghuni kerangkeng milik Terbit Rencana yang tewas. 

"Sebenarnya angka tiga (jumlah korban tewas) itu angka Sabtu kemarin. Itu yang kami bilang lebih dari satu, dan saat ini kami sedang mendalami lagi, karena potensial juga nambah," ungkapnya.

Berdasarkan hasil investigasi dan penelusuran tim Komnas HAM, kata Anam, sedikitnya terdapat 52 orang yang menghuni kerangkeng manusia tersebut. Komnas HAM menemukan adanya dugaan kekerasan terhadap penghuni kerangkeng berikut pola, bentuk, hingga alatnya. 

"Kalau soal kondisi dan sebagainya seperti yang sudah kami bilang sebelumnya, kami menemukan adanya kekerasan, bentuk kekerasan, pola kekerasan, sampai alat kekerasannya," kata Anam. 

Sekadar informasi, kedatangan Choirul Anam ke Gedung Merah Putih KPK, hari ini, untuk memeriksa Terbit Rencana Perangin Angin terkait temuan kerangkeng manusia. Anam telah membawa sejumlah foto, video, hingga dokumen berkaitan kerangkeng manusia tersebut untuk dikonfirmasi ke Terbit Rencana.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut