get app
inews
Aa Read Next : Hijrah dari Liga Inggris, Bek Timnas Indonesia Justin Hubner Gabung Klub Jepang Cerezo Osaka

Tua-Tua Keladi, Fakta Cristiano Ronaldo Sang Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Minggu, 13 Maret 2022 | 20:14 WIB
header img
Penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo merayakan gol ke gawang Tottenham Hotspur. (foto: reuters)

MANCHESTER, iNewsKutai.id - Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Peribahasa ini cocok untuk megabintang Manchester United Cristiano Ronaldo. Kini dia mengukuhkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah yang tercatat FIFA.

Rekor itu dikukuhkannya seusai mencetak hattrick saat melawan Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (13/3/2022) Wita dinihari. Tiga gol itu sekaligus menyelamatkan muka MU di depan pendukungnya di Old Trafford. 

Berkat tiga gol ke gawang Hugo Iloris, kini megabintang asal Portugal itu total mencetak 807 gol. Torehan itu menjadikan Ronaldo sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah yang dicatat FIFA. 

Berikut fakta-fakta Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah: 

1. Total gol 807

Ronaldo kini mengoleksi 807 gol sepanjang kariernya. Gol-gol itu dicetak di empat klub berbeda dan timnas Portugal. Sebanyak 136 gol dicatatkan untuk Manchester United, 450 gol dibubuhkan untuk Real Madrid, 101 gol saat berada di Juventus, dan lima gol untuk Sporting Lisbon

Sementara, untuk karier internasionalnya, Ronaldo sudah mencatatkan 115 gol untuk Timnas Portugal di semua kompetisi. Total Ronaldo bermain 1,110 pertandingan.

2. Lewati rekor para legenda sepak bola

Kini koleksi gol Ronaldo sebanyak 807 gol sepanjang kariernya. Torehan itu melewati catatan legenda sepakbola Austria-Republik Ceko, Josef Bican.  Menurut kabar, total gol Bican sebanyak 821 gol untuk klub dan negaranya. 

Namun, klaim ini kabarnya tidak diakui oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). FIFA hanya mengakui 805 gol yang berhasil dicatatkan oleh Bican sepanjang kariernya untuk klub dan negara. Dia juga melewati rekor legenda Brasil Romario yang berada di peringkat ke-3 pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah.

 3. Jauh meninggalkan Lionel Messi 

Jumlah gol Ronaldo saat ini 807. Tentu jumlah ini jauh meninggalkan torehan bintang PSG Lionel Messi. Messi baru mengoleksi 759 gol sepanjang kariernya dari tahun 2003 atau selisih 48 gol. 

Bahkan Messi saat ini masih berada di peringkat 4 pencetak gol terbanyak yang tercatat FIFA. Peringkat 3 ada bintang Brazil Romario dengan 772 gol, lalu peringkat 2 ada Josef Bican dengan 805 gol.

4. Ronaldo cetak hattrick ke-59 sepanjang karier 

Ronaldo mencetak hattrick saat jumpa Tottenham Hotspur pada menit 12’, 38’ dan 81’. Torehan ini membuat Ronaldo sudah mencetak hattrick sebanyak 59 kali. Dari 59 itu, 49 di antaranya dicetak di level klub. Ronaldo pernah bermain di Sporting Lisbon, Man United, Real Madrid dan Juventus. 

5. Jadi pemain tertua kedua yang cetak hattrick di Liga Inggris

Ronaldo memang menunjukkan diri sebagai monster sepak bola sejati. Dia mencetak hattrick di usia 37 tahun 35 hari.  Catatan itu menjadi Ronaldo pemain tertua kedua di Liga Inggris yang mencetak hattrick. 

Pemain tertua yang bisa mencetak hattrick ialah mantan striker Man United Teddy Sheringham. Dia mencetak hattrick di usia 37 tahun 146 hari pada tahun 2003.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut