get app
inews
Aa Read Next : Puan Maharani Beberkan Alasan PDIP Coret AHY dan Ridwan Kamil dari Cawapres Ganjar Pranowo

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz Ternyata Ditemukan Penjaga Pintu Air Bendungan Engehalde

Jum'at, 10 Juni 2022 | 07:51 WIB
header img
Bendungan Engehalde di Bern Swiss, lokasi penemuan jenazah Eril. (Foto: doc. iNews.id)

JAKARTA, iNewsKutai.id - Emmeril Kahn Mumtadz akhirnya ditemukan. Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu ternyata ditemukan penjaga pintu air Bendungan Engehalde, Kota Bern, Swiss.

Lokasi penemuan berjarak sekitar 6 kilometer dari titik awal Eril-sapan Emmeril Kahn Mumtadz, dinyatakan hilang terseret Sungai Aare pada Kamis (26/5/2022) lalu. Bendungan Engehalde diketahui memiliki tiga pintu air untuk pembangkit listrik, dengan kondisi air yang jernih.

Mabes Polri yang berkomunikasi dengan Kepolisian Swiss memastikan jika jenazah Eril ditemukan oleh petugas bendungan. 

"Dari hasil komunikasi dengan Kepolisian setempat bahwa jenazah Eril ditemukan oleh kepolisian penjaga pintu air," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (9/6/2022). 

Menurut Dedi, langkah selanjutnya otoritas kepolisian Swiss akan menyerahkan jenazah Eril kepada pihak keluarga melalui KBRI.  "Selanjutnya akan ada penyerahan di KBRI oleh kepolisian setempat kepada pihak keluarga," ujar Dedi. 

Koresponden iNews di Bern, Krisna mengungkapkan, lokasi penemuan jenazah Eril tersebut sering dilalui warga. 

"Orang lewat setiap hari, karena tempatnya sebelah kiri adalah hutan, sebelah kanan adalah hutan, dan ini memang tempat untuk jalur jalan kaki," kata Krisna saat dihubungi, Kamis (9/6/2022).

Rencananany, jenazah Eril akan dimakamkan di Tanah Air dan diharapkan tiba akhir pekan ini. Pihak keluarga menargetkan jasad Eril sudah berada di Bandung paling lambat Minggu.

"Untuk waktu kami belum bisa memastikan kapan akan tiba di Indonesia, tapi pada dasarnya kami akan lakukan secepat- cepatnya sesuai waktu yang memungkinkan, sesuai dengan situasi dan kondisi sumber daya yang mendukung," kata Elpi Nazmuzzaman, paman Emmeril dalam konferensi pers virtual dari KBRI Swiss, Kamis (9/6/2022). 

Dia memastikan akan segera menyempurnakan hak Emmeril sebagai muslim dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya. 

"Selaku keluarga akan menerima almarhum Eril (Emmeril) untuk kemudian kami akan menyempurnakan hak Eril sebagai muslim. Apabila dia wafat, hendaklah dia diantarkan, disucikan, dishalatkan, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang memungkinkan dengan tetap menjaga kehormatan kondisinya," tuturnya.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut