Jokowi Undang Pj Gubernur Kaltim, Wali Kota Samarinda dan Balikpapan ke Istana Garuda, Bahas HUT RI

Emy Adawiyah
Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik bersama Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Pj Bupati PPU Makmur Marbun seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Garuda IKN Nusantara. (foto: ist/adpim kaltim)

SEPAKU, iNewsKutai.id - Presiden Joko Widodo memanfaatkan hari pertama berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan menerima beberapa tamu, Senin (29/7/2024).

Secara khusus, Presiden Jokowi mengundang Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Wali Kota Samarinda Andi Harun dan Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun.

Keempatnya bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Garuda. Sesuai pertemuan, Pj Gubernur Akmal Malik menjelaskan jika salah satu poin pembicaraan bersama presiden adalah pelaksanaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN.

Dalam pertemuan, Akmal menyatakan pada prinsipnya, Kaltim siap memberi dukungan untuk sukses pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN. Sesuai jadwal, perayaan kemerdekaan akan dipusatkan di IKN Nusantara dan Istana Negara Jakarta.

"Presiden sangat memahami aspirasi masyarakat dan memohon partisipasi masyarakat Kaltim mendukung pelaksanaan upacara nanti, terutama melalui pemerintah daerah," kata Akmal Malik di Istana Garuda, Senin (29/7/2024).

Menurutnya, dukungan dari pemerintah daerah berupa mobilisasi massa karena banyak masyarakat yang ingin mengikuti upacara HUT RI di IKN. Rencana awal, ada 400 masyarakat yang akan diundang di upacara nanti.

Selain itu, Pemprov Kaltim juga akan mengarahkan masyarakat yang menjadi undangan untuk berkumpul di Sumbu Kebangsaan. Namun, dia mengaku masih menunggu informasi dari sekretariat negara untuk menjaga ketertiban.

"Presiden ingin agar masyarakat juga bisa melihat langsung pelaksanaan upacara nanti. Termasuk, masyarakat yang ada di Indonesia," ujarnya dikutip dari laman Adpim Kaltim.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu menambahkan, undangan presiden ke Istana Garuda pada hari pertama berkantor menjadi bukti perhatian orang nomor satu Indonesia itu kepada masyarakat Kaltim.

"Alhamdulillah, kami mendapat kehormatan menerima undangan Pak Presiden di hari pertama beliau berkantor di IKN," pungkasnya.

Editor : Abriandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network