get app
inews
Aa Read Next : Ancam Lecehkan Putrinya, Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov Bersumpah Hukum Berat Pasukan Neo Nazi

Palagan Ukraina Memanas, Pasukan Elite AS Siap Terjun Lawan Tentara Rusia

Minggu, 23 Oktober 2022 | 12:45 WIB
header img
Ilustrasi pasukan elit Amerika Serikat siap diterjunkan di Ukraina. (foto: ist)

KIEV, iNewsKutai.id - Keterlibatan Amerika Serikat (AS) secara langsung dalam perang Ukraina tampaknya tinggal menunggu waktu. Hal itu menyusul pernyataan petinggi pasukan elit AS dari Divisi Lintas Udara 101 Angkatan Darat yang menyatakan siap berperang dengan Rusia.

Saat ini, 4.700 tentara dari Divisi Lintas Udara 101 sudah disiagakan di Eropa. Divisi elite itu saat ini sedang melakukan latihan perang di Rumania, dekat perbatasan negara NATO dengan Ukraina. 
 
Kepada CBS, Wakil Komandan Divisi Lintas Udara 101 Angkatan Darat Brigadir Jenderal John Lubas menyatakan siap memasuki Ukraina jika eskalasi pertempuran terus meningkat. Dia menyebut, penempatan pasukan tersebut untuk mempertahankan wilayah NATO.

"Kami siap untuk mempertahankan setiap inci tanah NATO," ujarnya. 

Di Rumania, Divisi Lintas Udara 101 mengadakan latihan serangan darat dan udara gabungan. Menurut Kolonel Edwin Matthaidess, Komandan Tim Tempur Brigade ke-2, divisinya adalah unit AS yang paling dekat dengan pertempuran di Ukraina. 

Dia mencatat bahwa pasukan AS, telah mengawasi dengan cermat militer Rusia sambil membangun tujuan untuk berlatih melawan dan mengatur latihan untuk meniru persis apa yang terjadi di Ukraina. "Itu membuat kami tetap waspada," imbuh dia, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (22/10/2022).

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut