get app
inews
Aa Read Next : Rekrutmen Anggota Polri, 197 Orang Mendaftar di Polres Berau

Terbongkar! Pencurian Ratusan Baterai BTS Telkomsel di Berau Diotaki Mantan Karyawan

Selasa, 26 September 2023 | 15:39 WIB
header img
Empat tersangka pelaku pencurian ratusan baterai BTS Telkomsel dalam gelar kasus di Polres Berau. (foto: ist)

TANJUNG REDEB, iNewsKutai.id - Polres Berau berhasil membongkar komplotan pelaku pencurian beterai atau aki BTS milik PT Telkomsel. Empat orang tersangka berhasil diringkus.

Empat pelaku masing-masing berinisial AA (24), SE (22), RR (24), dan SN (26). Ironisnya, salah seorang tersangka sekaligus otak pencurian yakni AA merupakan mantan karyawan Telkomsel.

Wakapolres Berau, Kompol Rangga Abhiyasa mengungkapkan, komplotan ini berhasil menggasak 123 unit baterai aki tower BTS milik PT Telkomsel Berau. 

Baterai tersebut sebelumnya digunakan untuk mendukung pasokan listrik di sejumlah tower komunikasi yang sangat vital bagi layanan telekomunikasi di Kabupaten Berau.

"Barang bukti yang kami amankan berasal dari 13 titik TKP (tempat kejadian perkara) yang berbeda, yakni di Kecamatan Tanjung Redeb, Teluk Bayur, dan Gunung Tabur," jelas Kompol Rangga Abhiyasa dalam konferensi pers di Command Center Polres Berau, Selasa (26/9/2023).

Rangga menjelaskan, aksi pencurian itu diketahui setelah Tim Back-up Power melakukan pengecekan ke tower Telkomsel yang berada di Kampung Merancang Ilir. Saat dilakukan pemeriksaan, BTS tersebut kehilangan 3 unit baterai ZTE Lithium 100AH.

Tim kemudian memeriksa 12 tower yang ada dan seluruh baterainya tidak lengkap. Dugaan pencurian tersebut kemudian dilaporkan ke Polres Berau dan dilakukan penyelidikan.

Berdasarkan keterangan penjaga tower di Jalan Mutiara, diperoleh informasi jika sebelum kejadian terdapat sebuah mobil Avanza yang melakukan pengecekan ke BTS.

Editor : Abriandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut