get app
inews
Aa Read Next : Nilai Komersial Rendah Diduga Jadi Alasan Megaproyek IKN Nusantara Sepi Peminat

Manjakan Wisatawan dari 23 Negara, Bali Hapus Aturan Karantina Covid-19

Senin, 07 Maret 2022 | 11:29 WIB
header img
Bali membebaskan wisatawan mancanegara daeri aturan karantina Covid-19. (Foto: SINDOnews/Dok)

BADUNG, iNewsKutai.id - Bali mulai melonggarkan aturan bagi wisatawan mancaneara untuk berkunjung tanpa karantina mulai Senin (7/3/2022). Tidak hanya itu, wisman juga diberikan kemudahan berupa Visa on Arrival (VoA). 

Pengelola Bandara Ngurah Rai telah menyiapkan empat jalur dengan delapan petugas konter di terminal kedatangan untuk mempercepat proses VoA. 

"Kami telah siap. Ada dua keputusan yang penting terkait hal ini. Pertama tanpa karantina, dan kedua adalah pemberlakuan kembali visa on arrival," kata Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura Bandara Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Senin (7/3/2022). 

Hanya saja, kata Taufan, fasilitas VoA ini terbatas untuk wisatawan atau PPLN dari 23 negara yang telah ditetapkan pemerintah pusat. 

"Setelah itu mereka bisa melanjutkan proses imigrasi seperti biasa dan ke hotel untuk menunggu hasil tes PCR," ujar Taufan.

Persiapan lain yang dilakukan adalah menambah fasilitas tes PCR menjadi 20 bilik. Kapasitas pengambilan sampel mencapai 900 orang dalam satu jam. Menurut Taufan, di Bandara Ngurah Rai juga tersedia minilab agar hasil tes PCR para wisatawan dan PPLN lebih cepat diketahui. 

"Apabila hasilnya negatif, mereka bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata. Apabila positif, ini menjadi kewajiban Satgas Covid-19 yang mengakomodasi hotel karantina," katanya. 

Seperti diketahui, pemerintah pusat telah memutuskan untuk memajukan uji coba wisatawan bebas karantina ke Bali dari semula 14 Maret 2022 menjadi 7 Maret 2022. Selain memajukan jadwal uji coba, wisatawan dan PPLN yang datang juga diberi kemudahan yakni dengan penerapan visa on arrival.

Editor : Abriandi

Follow Berita iNews Kutai di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut